Kamis, Oktober 23, 2008

Tukang Cukur & Customer Satisfaction

Sepulang kerja kemarin malam, sesampainya di Depok aku sholat Magrib dulu di stasiun. Selanjutnya nyari tukang cukur karena rasanya rambut udah mulai agak mengkribo lagi. Malu ama temen kantor... pertama di stasiun, kayaknya ada tukang cukur dan belum pernah nyobain. Coba liat dulu, tapi rasanya tempatnya kurang nyaman biarpun bersih dan standar. cuman disekitar banyak angkot ngetem jadi males deh. Selanjutnya menyusuri Jl Arief Rahman Hakim dan Jl Nusantara. 2 tempat aku biasa cukur ternyata penuh dan ngantri. Ditempat ketiga akhirnya aku singgah walopun kudu ngantri. Seingat saya ditempat ini langganan koran jadi aku bisa nunggu sambil baca, kan gak bete.

Aku liat tempat ini sudah gak pake AC lagi, padahal dulu pake AC, tapi dipikir lebih baik gak usah deh karena sebelumnya ACnya malah pengab gitu. Lemari pendingin isi minuman masih ada, tapi gak tau apakah pendinginnya masih berfungsi apa enggak. Heran, beberapa tempat terakhir ini memang selalu penuh penuh. Mungkin karena pelayanannya, meskipun menurut saya standard aja jika dibanding langganan lama saya di daerah Sadang Purwakarta, yang selalu ditambah pijat kepala dan pundak bisa bikin terkantuk-kantuk. Tarif relatif sama, saat ini 9000 per potong, mau model apapun. 2-3 tahun yang lalu masih goceng. Asal mereka juga sama seperti umumnya para tukang cukur : GARUT.

Biarpun standar, tapi karena yang lain dibawah standar jadi tempat ini menjadi laris. Saya sudah membacklist tiga tempat cukur yang saya janji tidak akan kesitu lagi. Yaitu di Jl. Kembang Beji (dekat rumah), di Kukusan (lupa namanya, ada beberapa tk cukur disitu) dan di pengkolan dekat Kavling Kujang. 2 tmp yang disebut awal saya pernah dicuekin ketika saya bawa Fathan, anak pertama, buat cukur. Padahal tidak semua tempat dia mau, hanya mau yang bersih saja. Hanya karena si tukang cukur lagi asyik telpon via hape, kita bener2 dicuekin. Temen kerjanya udah ngingetin tapi cuek aja (yakin dia sedang pacaran, soale ketawa ketiwi aja). Ditunggu 5-10 menit gak digubris, kita juga kabur tanpa pamit. Mana bisa sabar anak umur 2,5 tahun nunggu. Yang terakhir, kita dateng tapi situkang katanya mo mandi dulu. padahal bukan jam2 yang critical. Kalo dia mau sholat dulu, ato makan dulu masih bisa dimaklumi. Nungguin dia mandi ? makasih deh...

Saya yakin kalo ada yang nambah layanan, misalnya mainan ato tampilan buat anak2, minuman segar ato hangat, AC (TV, koran dan pijat tetap ada) pasti bisa bersaing, bahkan dengan tarif lebih sekalipun... karena masih banyak kaum adam yang agak-agak alergi kalo kudu ke salon..

1 komentar:

Unknown mengatakan...

dlm 2 minggu, saya berniat buka barber shop didaerah kb.jeruk, klp.dua, jakarta barat.. Klo ada yg berminat, sy mencari tkg.cukur berpengalaman.. Bs masuk kesmua kalangan (terutama buat anak muda).. Untuk fee, nanti bs nego.. thks.. -roy- 081316661909 / 95453955