Jumat, Oktober 24, 2008

Play Group : Pilihan tepatkah ?



Sejak Kamis minggu yang lalu, Fathan udah mulai sekolah. Nama playgroup-nya "Jerapah Kecil", lucu khan namanya ? entah apa filosofinya kenapa pake nama itu. Yang saya ingat dari lembar brosur yang saya baca beberapa bulan lalu, prinsip pembelajaran/kurikulum yang diterapkan banyak menggunakan prinsip ato pendekatan islami.

Heran, biasanya untuk PG ato TK belakangan ini biasanya menggunakan bahasa yang berbau "agama" ato berbau "global" (tidak termasuk TK-TK milik NU, Muhammadiyah ato TK negeri yang namanya sudah eksis di daerah : Diponegoro, Aisiyyah dan Pertiwi). Nama2 seperti Darul Abidin, AzZikra, Al Jabr, Global, PH, HighScope, Holy Angel, Tumble Tots, StarKids, Gymboree, KinderField jadi sering denger saat survey.
Saat survey atau liat pameran, saat liat angka2 yang kudu disiapin sungguh bikin geleng2 kepala. Perasaan jauh amat dari biaya kuliah papa-mamanya saat kuliah dulu. Saya kuliah hanya dengan 250rebu per semester (entah sekarang stl jadi BHMN). Gak pake biaya SKS-an dan biaya tambahan paling buat praktikum yang tidak pernah lebih dari 50.000perak. Sekarang tiap bulan kudu rutin nyiapin minimal 740 ribu, belum termasuk jajan/makanan ato jika ada tambahan . Ini jauh lebih murah dibanding PG dibelakang rumah (± 125 meter belakang rumah) yang untuk UM aja 7 juta.
Awalnya sebenarnya enggan rasanya untuk memasukkan anak ke PG. Secara umur baru 2.5 tahun (saat survey umur baru 2th 3bln). Dengan kondisi ekonomi masih pas-pasan rasa-rasanya kok gak klik gitu. Dulu sy malah sempet nge-judge kalo ortu yang nyekolahin ke PG hanya untuk gagahan aja atau karena kemalesan ortu ngedidik anaknya. Pengennya anak bener2 dididik kita ortunya dulu baru pada saatnya (stl balita) baru mulai sekolah formal.
Namun karena istri yang lulusan psikologi ngeluarin teori ini itu dan liat kanan kiri, akhirnya... ok ajalah. Moga2 emang banyak atau ada perubahan.
(wah gelap nih diluar, berhubung masih nebeng dot com, ceritanya to be continued ajah...)

Tidak ada komentar: